Wednesday, September 26, 2012

hanya sebatas pendukung dari bangku theater...

"Aku berdiri di atas panggung yang selalu kudambakan...
Di tengah eluan, tepuk tangan, dan juga senyuman..."
Shonichi - JKT48



20 Mei 2012
Waktu itu hari minggu. Sabtu sorenya saya baru aja pulang dari Puncak, acara keakraban kelas di kampus. Sebenernya pingin nonton Theater JKT48, tapi sayang ga dapet email balasan (untuk dapet tiket pertunjukan, harus apply melalui email dan baru bisa datang kalau mendapat email balasan). Beruntung hari itu, ada temen yang dapet email, tapi ga bisa dateng karena di kampus kebetulan ada acara konser juga, dan dia memilih untuk nonton acara kampus. Jadi jatah tiketnya dia kasih ke saya. Siapa sangka itu menjadi awal buat saya untuk 'memilih' di jalan ini? :p

Berangkat dari kampus bertiga sama temen sekelas, naik taksi ke Nyi Ageng Serang, tempat digelarnya Theater JKT48. Waktu itu belum permanen, sekarang JKT48 udah punya theater permanen di fX lantai 4. Theater JKT48 sih intinya kayak konser (ya emang konser sih) dengan konsep seperti theater, yaitu stage yang rendah (ga tinggi kayak konser yang di tv itu), jarak stage dengan penonton sangat dekat (jarak antara row paling depan dengan stage kira-kira 1-2 meter lah), semua penonton duduk (tapi juga disediakan standing area), dan mereka perform membawakan kurang lebih 16 lagu diselingi obrolan-obrolan. Setelah show berakhir, biasanya ada bonus. Bisa berupa hi touch (toss), handshake (salaman), atau 2-shot (foto bareng).

Theater JKT48 di Nyi Ageng Serang ini adalah theater perdana mereka. Berlangsung selama 4 hari, diakhiri pada hari Minggu, 20 Mei 2012. Awal-awal lihat mereka perform, ga tau kenapa, langsung ngerasa...well, they're different! Mereka nyanyi, dance, berinteraksi sama penonton, semuanya keliatan beda dari kalau saya nonton konser-konser lain di tv. Seolah-olah mereka itu deket sama fans, pengen meyakinkan kalo fans itu puas sama penampilan mereka.


24 September 2012
Empat bulan berselang. Hari ini adalah ke-7 kalinya saya datang ke theater mereka. Well, saya baru tau mereka itu sekitar bulan April. Tapi semenjak abis pertama nonton theater mereka, seketika itu juga langsung mikir kalo "yak, this is it!". Saya yang sebelumnya ga pernah punya pengalaman sama sekali sama dunia konser-konseran, yang tau musik seadanya, memilih untuk emm apa ya sebutannya...support JKT48 :D dengan pengetahuan seadanya tentang sister group sekaligus pendahulu mereka, AKB48, saya tetep coba untuk dukung JKT48 dan keterusan.....sampai sekarang.

JKT48 udah sering nongol di tv, di berbagai acara, mulai dari acara-acara musik, atau sebagai bintang tamu di acara-acara reality show kayak Hitam Putih, Bukan Empat Mata, Comedy Project, dll. Acara-acara off air yang melibatkan mereka (selain theater) juga banyak. Mereka biasa tampil di acara-acara yang berhubungan sama budaya Jepang.

Theater tanggal 24 ini akan jadi theater terakhir....di bulan ini :p Jelas saya ga mau berhenti sampai di sini aja. Meski bulan depan masih dengan setlist yang sama, dengan lagu-lagu yang sama, saya akan berusaha kalau punya waktu luang untuk datang...sekadar melihat semangat mereka dan perkembangan mereka. Tiap memutuskan mau dateng di show yang hari apa, saya selalu sesuaikan jadwal member yang tampil dengan waktu yang saya miliki. Di tiap theater, ga semua lagu dibawain sama semua member (16 orang tiap perform), tapi ada juga unit song (lagu yang dibawain sama beberapa member aja). Nah, di unit song ini yang bikin saya tertarik untuk selalu datang. Unit song ga selalu dibawain sama member yang itu-itu aja. Disesuaikan sama member yang perform di hari itu. Selain di unit song, obrolan di jeda antarlagu juga mengusung tema yang beda tiap shownya. Jadi ga bikin kita yang sering dateng jadi bosen :D *ngeles aja ini mah*

Semua fans punya alasan masing-masing kenapa suka sama JKT48. Semua fans juga punya motivasi masing-masing untuk datang ke theater mereka (sekarang permanen di fX lantai 4). Banyak yang sering ke theater tapi mungkin ga nonton. Karena pengen ketemu sama sesama fans atau barter photopack (foto member JKT48) atau keperluan lain. Kadang, saya juga ga punya alasan yang pas kenapa pengen dateng lagi dan lagi ke theater mereka. Cuma pengen dateng aja, liat semangat mereka, denger cerita-cerita mereka... Kadang, masa-masa *ceileh masa-masa* saat nunggu mereka keluar dari balik tirai, interaksi sama fans dari stage, nularin semangat mereka ke penonton yang dateng, obrolan singkat pas salaman sama mereka sesudah show, itu jadi hal-hal yang...well, ngangenin! (I hate to say this, actually) Selain theater, buat saya, mengamati perkembangan mereka lewat layar kaca aja udah cukup. Menikmati perform mereka dari bangku theater, itu lebih dari cukup.....

Sometimes, you don't need any reason to love something. When you're happy to do it, just do it. The one who knows what makes you happy, is you. Yourself.

No comments:

Post a Comment