Tuesday, December 18, 2012

when it comes an end...

Setelah selama kurang lebih 7 bulan dibawakan (mulai dari bulan Mei-Juli dilanjutkan September-Desember awal), pada Kamis, 13 Desember 2012 telah dilakukan senshuuraku atau show terakhir Pajama Drive oleh JKT48 generasi pertama :")

Ga kerasa yah, kayaknya belum lama deh sejak nonton theater mereka pertama kali banget di Nyi Ageng Serang, Kuningan :") Kayaknya belum lama juga, sejak terakhir ngeliat mereka masih malu-malu sama penonton...masih interaksi seadanya sama penonton...masih ga berani eye-contact sama penonton :") Time flies.....

Oke, jangan sebut ini sebagai show terakhir Pajama Drive gen1 kalau ga ada kejadian-kejadian yang wow. Hal pertama yang wow adalah membludaknya antrian waiting list (WL) untuk show ini. Denger-denger sih ada yang ngantri dari subuh. Ada juga yang sengaja datang jauh-jauh dari luar kota, namun sayangnya ga dapet tiket lewat email, jadi ya mau ga mau harus antri WL. Yang beda kali ini, cukup banyak perempuan di antrian WL. Bahkan di antara cewek-cewek itu juga ada yang dari luar kota! Salut lah :")

Belum berhenti sampai di situ. Jadi ceritanya, hari itu, Kamis, saya sampai di fX sekitar pk 5 sore. Pas ke lantai 4, saya ga langsung tuker tiket karena masih ada antrian. Jadi mampir ke booth merchandise, lalu turun ke mushala lantai 3. Di mushala ketemu temen, trus dibilangin mending cepet tuker tiket daripada kehabisan. Ya udah, sekitar pk setengah 6 saya naik ke lantai 4 lagi. Dan ternyata..........loket udah ditutup. Iya, ditutup. Tiket sold out. Kok bisa??? Ga ngerti saya juga. Padahal masih banyak fans yang dapat email verifikasi tiket namun belum menukarkan tiketnya di loket, termasuk saya. Akhirnya, kami yang belum dapat tiket tetap mengantri di depan loket. Sejenak terlintas sih di benak saya, saya aja yang dapet email verifikasi nasibnya masih belum jelas gini. Gimana yang WL ketika itu? :'(

Setelah sekitar 10 menit saya menunggu, akhirnya loket kembali dibuka. Pada akhirnya kami yang baru tukar email setelah loket sempat ditutup, tetap mendapatkan tiket. Hanya saja, tiket itu tanpa nomor bingo. Nomor bingo adalah semacam nomor undian untuk menentukan rombongan mana yang masuk ke dalam theater lebih dulu. Tiket tanpa nomor bingo artinya, kami baru bisa masuk setelah semua tiket bernomor bingo masuk. Bisa dibilang, siap-siap untuk berdiri sepanjang show! Wohoo~

Ga sampai di situ aja. Selain masalah tiket yang sold out sebelum waktunya, kabarnya juga ada "claiming ID". Jadi denger-denger sih, ada fans yang udah dapet email, begitu nukerin email di loket, dia mendapati namanya sudah dicoret dari list reserved tiket, alias sudah ada yang ambil jatah tiket dia, padahal dia belum ambil. Hmm, kejadian seperti ini sungguh disayangkan :(

Pasrah masalah tiket, sehabis dari loket saya nunggu show mulai. Saat itu saya berpikir, setidaknya saya beruntung lah masih bisa dapat tiket walaupun tanpa no bingo. Karena katanya ada juga fans yang ga bisa claim tiket sama sekali karena memang sudah benar-benar sold out, padahal ia dapat email verifikasi. Show hari itu tidak ada waiting list. Jadi, yang antri dari pagi, jauh-jauh bela-belain datang untuk nonton, terpaksa harus pulang dengan perasaan kecewa.....

Baiklah, kita tinggalkan cerita tentang ticketing mechanism ya.. Mari beralih ke show senshuuraku itu sendiri :D Oh iya, meski saya memiliki tiket tanpa no bingo, ketika masuk ke dalam theater, saya beruntung karena security mempersilakan saya untuk mengisi bangku di row 2 karena masih kosong. Jadi hari itu, saya nonton dari row 2, bangku biru. And here was the show.....

Show dimulai dengan announcer hari itu adalah Melody. Sama seperti saat mereka perdana menampilkan theater Pajama Drive di Nyi Ageng Serang, Kuningan. Setelah itu kayak biasa, penonton nunggu dulu sebentar, lalu mulai masuk overture. Sama aja kayak show-show sebelumnya, semua bermula dari Shonichi, berlanjut ke Hissatsu Teleport. Pas bagian suit-suit itu *atau apalah namanya* yang dapet Rena^^ Terus dia ke tengah sambil nari-nari gitu dan bilang: GanbaRena! :3 Lanjut ke lagu Gokigen dan Futari Nori no Jitensha. Selesai lagu ini, berlanjut ke MC...

Ya seperti yang udah diduga sih ya, MC hari itu bertemakan Pajama Drive. Ya apapun kenangan mereka tentang Pajama Drive. Udah agak-agak lupa juga sih karena waktu itu juga ga nyatet, bener-bener fokus degerin mereka. Tapi intinya, di MC itu, rata-rata member awalnya ragu, ga pede sama diri sendiri karena harus menghapal blocking 16 lagu untuk setlist ini. Apalagi banyak dari mereka yang ga punya basic dance sama sekali. Ada member yang cerita (lupa siapa), kalau dulu pas gladi untuk theater di Nyi Ageng Serang, mereka jauh dari kata memuaskan. Trus ada juga member yang cerita (lupa juga siapa), kalau dulu sempet mikir, "Ah paling ini theaternya diundur karena kita masih belum bagus". Tapi nyatanya, show must go on. Ga ada pengunduran show perdana mereka sewaktu di Nyi Ageng Serang. Dan sampai sekerang pun theater masih tetap berlanjut, sampai mereka punya theater permanen sendiri. Ya, keraguan mereka, ketidakpercayadirian mereka, pandangan remeh dari banyak kalangan, mereka jawab dengan perkembangan mereka hingga saat ini. Proud of you, girls :")

MC kali ini, ada beberapa member yang ga kuat menahan air matanya :") Meski kalah haru dibanding sewaktu show anniversary 1st gen tanggal 2 November, cerita-cerita mereka tentang Pajama Drive kemarin juga tetep membekas di pikiran saya sih. Apalagi saya sempet nonton mereka di Nyi Ageng Serang dulu. Meski cuma sekali, saya masih ingat betul...beda banget sama sekarang pokoknya. Jadi begitu mereka flashback tentang masa-masa theater perdana di Nyi Ageng Serang, langsung kerasa #deg di hati *cie gitu

Udah yah, lanjut ke unit song. Tenshi no Shippo dibawakan oleh Nabilah, Sonia, dan Rena. Oya, hari itu model rambut Nabilah sama seperti waktu dia perform pertama kali di Nyi Ageng Serang katanya. She's cute :3 Lanjut ke Pajama Drive, dibawakan oleh Shania, Ayana, dan Sendy. Junjou Shugi, dibawakan oleh Dhike, Veranda, dan Stella. Lalu Temodemo no Namida, dibawakan oleh Melody dan Jeje^^ Terakhir, Kagami dibawakan oleh jendral Kinal, Beby, Ghaida, Gaby, dan Rica. Jadi yang tidak tampil di hari itu adalah Delima, Cindy, Frieska, Mova, Sonya, dan Diasta.

Nah, sebelum lanjut ke group song lagi, setelah lagu Kagami ada MC yang dibawakan sama member yang perform Kagami. Lupa temanya tentang apa, cuma inget cerita Gaby aja. Jadi Gaby cerita, dulu dia pernah ngapalin blocking 16 lagu dalam tempo beberapa jam saja, karena saat itu dia diminta menggantikan seorang member yang mendadak ga bisa perform di theater. Gaby sempet bingung, gimana bisa ngapalin blocking secepat itu. Tapi akhirnya dia bisa. Dia merasa dapet pengalaman, kalau harus siap untuk hal-hal yang bersifat mendadak kayak gitu. Usut punya usut, ternyata waktu itu Gaby diminta meggantikan Ghaida... Yep, jadi pas MC kagami itu, Ghaida nyautin Gaby: "Gantiin aku ya Gab, waktu itu? Wah, Gaby keren!". Gaby cuma senyum-senyum aja dibilang gitu :")

Masih di MC kagami, Ghaida cerita bahwa dulu waktu theater di Pasaraya, dia sempet nyoba latihan unit song Tenshi no Shippo. Latihan aja kok~~ Haha, saya juga pengennya dia beneran bawain unit song itu :p Nah, pas dia cerita gitu, beberapa penonton request ke Ghaida buat dance Tenshi no Shippo. Dan bener Ghaida mau! :D Dia meragain sedikit dance Tenshi no Shippo and.....she's cute :3 :3 :3 *plak

Udah udah, lanjut ke lagu selanjutnya. Ada Two Years Later, lalu Inochi. Yang kebagian line di Inochi itu Shania, dia bilang apa ya saya juga lupa, heu gomen m(_ _)m Lalu lanjut ke Kiss Shite, lalu Boku no Sakura. Mungkin, ini Boku no Sakura terakhir yang dibawakan oleh gen 1. Jujur, saya pribadi suka banget lagu ini. Sering kali mata berkaca-kaca kalau mereka lagi bawain lagu ini... Di show senshuuraku itu, dari row 2, saya bener-bener menikmati lagu Boku no Sakura, sambil menatap Ghaida, Ve, dan Ayana. Tiga orang yang memang suka saya perhatikan tiap lagu ini...

Masuk ke encore, sebelum Wasshoi J ada perkenalan member gen 2 yag saat itu tampil sebagai backdancer di lagu Junjou Shugi. Nah, pas Wasshoi J, saya bener-bener puas nge-chants :p Pokoknya tiap ada celah nge-chants, bener-bener teriak sepuasnya lah :D Sampai lagu Suifu wa, dan terakhir Shiroi Shirt. Ketika encore, saya melihat member benar-benar enjoy. Biasanya kalau udah Wasshoi J, ada beberapa member yang terlihat lelah atau ngos-ngosan. Tapi kali itu engga. Dari Shonichi, unit song, hingga encore, menurut pandangan saya, dibawakan dengan sempurna. Mereka benar-benar menikmati perform malam itu :")

Show tidak berakhir sampai di situ. Ada 2 bonus song hari itu, yaitu Gomen ne Summer dan lagu yang mereka bawakan saat debut dan membuat mereka jadi terkenal seperti sekarang ini. Yap, Heavy Rotation :D Dengan posisi saya di bangku ujung sebelah kiri, saat 2 lagu ini Ghaida selalu ada di depan saya. Entah kenapa, ngerasa puas banget hari itu lihat dia. Akhirnya saya lihat lagi Ghaida yang ceria, yang keringetan kalo perform, yang ga sakit lagi :")

Sebelum show selesai, ada pembacaan kesan-kesan tentang Pajama Drive dari fans yang dikirimkan lewat Twitter dan Facebook. Suasana riuh banget pas kesan-kesan dibacain. Apalagi ada kesan yang dibacain dan pas orang yang ngirim kesan itu nonton. Seneng lah itu dia^^

Show kemudian ditutup dengan foto bersama. Member berpose di atas panggung, dan kami duduk di bangku masing-masing. Setelah itu berlanjut ke hi-touch :D



Hi-touch berjalan lancar dan saaaaangat menyenangkan :D Apalagi pas sama oshimen :p Pas di akhir-akhir barisan, ternyata Diasta nongol^^ Awalnya saya kaget, eh dia juga ikut kaget haha :p In conclusion, it was a really great show. Meski diawali dengan sistem ticketing yang amburadul, tapi untungnya show berjalan lancar dan yah, Pajama Drive telah sukses mereka bawakan ^_^


One thing that I know, they're progressing. They're growing. They're now, getting better and better. No matter what happen, no matter what other people think about them, they will always have me as their fan...as long as they're on their way reaching the dream.

1 comment:

  1. walau masih sebatas pendukung dari depan layar kaca..
    tapi kayaknya gue udah ngerasain gmana euforianya :')

    semoga bisa nonton setlist barunya =))

    ReplyDelete